Home / iPhone / Kode Negara Asal iPhone Di Seluruh Dunia A Sampai Z

Kode Negara Asal iPhone Di Seluruh Dunia A Sampai Z

Semua handphone pasti punya serial atau IMEI yang dapat berguna untuk proses pengecekan dari mana asal pembuatan smartphone tersebut serial ini juga ditemukan di iPhone. Jika mau membeli iPhone ini harus siap dengan kerusakan yang tidak dapat diklaim meskipun garansinya masih berlaku. Karena garansi ini hanya bisa berlaku di negara yang memproduksi iPhone tersebut, jadi bila ada kerusakan maka smartphone harus dikirimkan ke negara tersebut untuk dibetulkan. Tetapi masalah tersebut sekarang sudah ada pemecahannya yaitu membeli iPhone yang serial numbernya sama dengan negara tempat konsumen tinggal. Jadi jika tinggal di Indonesia maka harus membeli yang serialnya itu sama dengan yang ada di Indonesia jadi meskipun rusak masih bisa berlaku garansinya di Indonesia.

Untuk mengecek kode atau serial ini bisa pada kotak penjualan produk-produk iPhone dimana kode tersebut biasanya terletak di bawah kotak atau di samping kotak penjualan. Jika merasa sulit menemukan di kotak tersebut bisa mencarinya di sistem IOS-nya. Caranya adalah masuk ke menu setting, kemudian pilih general, selanjutnya kemudian about cari garis yang namanya model dari situslah diketahui serial iPhone tersebut.

Kode Negara Asal iPhone Di Seluruh Dunia A Sampai Z

Kode Negara Asal iPhone Di Seluruh Dunia A Sampai Z

Seperti yang sudah diterangkan di atas jika setiap negara memiliki kode yang berbeda dan inilah yang membuat konsumen harus tahu setiap kode tersebut sehingga waktu membeli tidak salah. Untuk kode-kode yang digunakan adalah sebagai berikut ini.

  1. Kode Indonesia

Untuk kode yang ada di Indonesia mempunyai tiga kode saja. Jika iPhone yang dibeli tidak disusun dari kode-kode tersebut maka iPhonenya palsu sebab keaslian dari iPhone dilihat dari kode tersebut. Kode garansi yang resmi untuk Indonesia adalah provider XL adalah PA/A, provider Telkomsel adalah ID/A dan terakhir adalah Indosat FE/A. Contoh kode resminya adalah MF666PA/A, jadi tiga huruf di belakang adalah kode provider yang dipakai.

  1. A dan B

Kode negara berikutnya adalah kode negara AB, kode ini digunakan di negara-negara tertentu saja. Untuk negara yang memakai kode A adalah Jordan, Saudi Arabia, Egypt juga United Arab Emirates. Sedangkan untuk kode B yang memakai adalah UK dan Ireland, untuk BR adalah kode yang dibuat khusus untuk Brazil yang dirakit di China.

  1. C dan D

Kode yang awalnya adalah huruf C dibuat untuk negara yang nama depannya dari harus C juga seperti C untuk Canada, CH untuk iPhone di China dan juga CZ untuk Czech Republic. D untuk negara German saja dan kode DN untuk iPhone dari Austria dan Belanda.

  1. E Sampai H

Jika menemukan smartphone iPhone yang diawali kode E maka berasal dari Mexico. Untuk kode lainnya dari E sampai dengan H adalah EE untuk negara Estonia, FB untuk Luxemburg dan France, FD untuk Switzerland dan Austria dan terakhir untuk India adalah HN.

  1. I Sampai K

Sangat penting pemahaman akan kode ini supaya pembeli juga tidak tertipu dengan harga iPhone yang murah tetapi garansinya tidak digunakan. Untuk kode dari I sampai dengan K ini juga sering ditemukan di beberapa outlet iPhone, untuk negara dan berikut kodenya adalah sebagai berikut ini. Italia adalah IP, J untuk Jepang, HB untuk negara Israel. Untuk yang dimulainya dari K adalah KN untuk negara Norway dan juga KS untuk Sweden dan Finland.

  1. L

Kode L termasuk kode yang dipakai dibanyak negara di dunia dan contoh-contohnya adalah kode LA yang hampir digunakan di enam negara sekaligus di antaranya adalah Columbia, Guatemala, Honduras, Peru, Ecuador dan El Salvador. Selain itu masih ada kode L lainnya yaitu LE untuk Argentina, LL untuk negara US, LZ khusus negara Uruguay, Paraguay dan Chile.

  1. M Sampai P

Beberapa negara juga memakai kode dari M sampai dengan P, untuk negara pertama yang memakai kode M adalah Hongaria yang menggunakan kode MG, selanjutnya MY dipakai negara Malaysia. NF masih dipakai oleh France, Belgium dan Luxemburg. Kode huruf P hanya digunakan di tiga negara saja yaitu Poland, Philiphina, dan Portugal.

  1. R Sampai T

Kode awalan R sama seperti inisial dari negara pemakai kode tersebut, contohnya adalah RO digunakan Romania dan RS digunakan Rusia. Selain itu ada juga kode SL dan SO untuk dipakai Slovakia dan South Afrika, untuk kode T dipakai di Italy, Turki, Taiwan kodenya adalah TU dan TA.

  1. X Sampai Z

Inilah kode terakhir yang digunakan dan negara penggunanya ialah New Zeland dan Australia untuk kode X. Kode Y hanya untuk Spanyol, ZA bagi Singapore dan ZP untuk negara Hongkong.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kode iPhone berikut dengan kode-kodenya semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

error: Content is protected !!